Minggu, 06 Juli 2008

CARA PINTAR ATASI GETAR

Honda Tiger

Salam kenal. Saya baru saja menebus Honda Tiger lawas keluaran 1995. Ada masalah yang sangat mengganggu neh pada motor saya itu. Yakni waktu jalan, motor terasa bergetar. Bahkan terasa hingga ke setang. Sehingga membuat tangan pegal dan kesemutan. Padahal motor baru berjalan beberapa kilometer (+ 10 km). Gimana ya cara mengatasi supaya getaran itu hilang? Soalnya, ini motor idaman saya dari dulu. Baru sekarang bisa kesampaian lo. Bantuan OTOMOTIF sangat-sangat saya harapkan. From: "Ninik Solo" niniksolo2004@yahoo.com.

BALANCING Mungkin apa yang dikeluhkan Ninik Solo pada OTOMOTIF via e-mail tersebut juga Anda alami pada motor kesayangan. Baik itu motor laki maupun bebek. Oke, kita akan bahas tuntas apa saja penyebab motor bergetar dan bagaimana cara mengatasinya. "Paling sering terjadi akibat getaran mesin. Yakni bersumber dari putaran kruk as yang tidak balance," beber Slamet Santo Gunawan, punggawa Kam's Speed di kawasan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar.

Mengatasinya, tidak ada cara lain selain membalancing ulang crankshaft (kruk as) tersebut ke tukang bubut (gbr.1). Namun sebelum menuding kruk as sebagai biang keladinya, sebaiknya periksa terlebih dulu beberapa bagian motor. Karena bisa saja penyebabnya bukan kruk as. Soalnya, untuk membalancing ulang kruk as, ente mesti belah mesin terlebih dulu lo, dan itu sudah pasti membutuhkan dana tidak sedikit.

Periksa dulu baut-baut pegangan mesinnya. "Getaran motor bisa juga karena baut pegangan mesin kendur," terang Akam, sapaan akrab Slamet Santo Gunawan. Sehingga sasis tidak dapat meredam getaran mesin dengan baik. Jika ternyata itu penyebabnya, segera kencangkan baut-baut pegangan mesin tersebut (gbr.2).

Selain itu, periksa juga baut-baut bodi, poros lengan ayun, as roda, mur komstir dan sebagainya. Bila semuanya oke-oke aja, namun permasalahan belum juga hilang, coba periksa putaran kedua roda. Pelek yang tidak presisi juga dapat menyebabkan motor bergetar lo. Cara mengetahuinya, parkir motor pakai standar tengah. Posisikan roda yang hendak diperiksa pada keadaan mengambang (depan maupun belakang). Lalu putar roda tersebut. Perhatikan apakah putarannya center (lurus) atau speleng (bergoyang).

Jika memang putarannya tidak presisi akibat pelek bengkok, segera setel ulang jari-jarinya (gbr.3). "Kalau kerusakan peleknya parah, pres ulang atau ganti dengan yang baru. Begitu pula untuk pelek model racing," saran Akam. Jika ternyata putaran rodanya bagus, baut pegangan mesin, bodi, lengan ayun serta as roda juga mantaf, namun getaran mesin tidak lenyap juga, baru deh bisa dipastikan akibat putaran kruk as gak balance.

Gitu lo! DiC, andhika_76@yahoo.com

Kam's Speed

Telp. (021) 53610001

Tidak ada komentar: